Sabtu, 24 Oktober 2015

Psikologi Manajemen (minggu ke-4)

Flashback dulu yu sama post-an minggu lalu, minggu lalu itu Definisi dari pengaruh,,, hayooo masih inget gak ya saya? hmmm mungkin garis besar menurut saya saja ya, Pengaruh yaa pengaruh mungkin suatu tindakan yang egois memaksakan kehendak kita kepada seseorang untuk mengikuti apa yang kita inginkan. etsss pasti ada yang positive nya ko dari setiap tindakan (menurut gw) hahah apa positivnya? saya juga bingung so pikirin sendiri aja yaa.... tapi ada caranya loh kita mempengaruhi orang lain tapi disini mempengarhi dalam hal persuasi loh mau tau cek it now!! :D


  • Bagaimana Mempengaruhi orang lain?


Menurut Burgon & Huffner (2002), terdapat beberapa pendekatan yang dapat dilakukan agar komunikasi persuasi menjadi lebih efektif. Maksudnya lebih efektif yaitu agar lebih berkesan dalam mempengaruhi orang lain. Beberapa pendekatan itu antaranya;

1.   Pendekatan berdasarkan bukti, yaitu mengungkapkan data atau fakta yang terjadi sebaga bukti argumentatif agar berkesan lebih kuat terhadap ajakan.

2.   Pendekatan berdasarkan ketakutan, yaitu menggunakan fenomena yang menakutkan bagi audience atau komunikate dengan tujuan mengajak mereka menuruti pesan yang diberikan komunikator. Misalnya, bila terjadi kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah maka pemerintah dengan pendekatan ketakutan dapat mempersuasi masyarakat untuk mencegah DBD.

3.   Pendekatan berdasarkan humor, yaitu menggunakan humor atau fantasi yang bersifat lucu dengan tujuan memudahkan masyarakat mengingat pesan karena mempunyai efek emosi yang positif. Contoh, iklan-iklan yang menggunakan bintang comedian atau menggunakan humor yang melekat di hati masyarakat.

4.   Pendekatan berdasarkan diksi, yaitu menggunakan pilihan kata yang mudah diingat (memorable) oleh audience/ komunikate dengan tujuan membuat efek emosi positif atau negative. Misalnya, iklan rokok dengan diksi “nggak ada loe nggak rame…”.
Namun keempat pendekatan tersebut dapat dikombinasikan sesuai dengan tujuan persuasi dari komunikator.


  • Definisi Wewenang (authority) dalam manajemen


Wewenang merupakan dasar hukum untuk mengambil tindakan yang diperlukan agar tugas dan tanggung jawab dapat di laksanakan dengan baik. Pengertiannya wewenang adalah hak atau otoritas untuk bertindaka melakukan suatu kegiatan tertentu kearah pencapaian tujuan. 


  • Kesimpulan:

Jadi ada empat cara untuk mempengaruhi orang lain dalam hal persuasi menurut Burgon & Huffner, di poin pertama Burgon & Huffner perpendapat pendekatan dengan bukti, tetapi banyak juga kok yang para sales atau SPG yang tidak melakukan hal tersebut. tetapi menurut saya hal yang ppenting dalam pendekatan persuasi itu adalah kerahaman, dan penjelasan produk yang mampu menarik minat konsumen, paras yang cantik atau tampan bisa dijadikan nilai PLUS tetapi jika tidak ada keramahan dan kejelasan tentang produk itu sendiri mana mau konsumen membelinya. menurut saya dalam hal persuasu yang pertama kali harus dilakukakan adalah mengambil hati konsumen dengan cara memuji dll, kedua mengambil kepercayaan konsumen ini tidak mudah tetapi jika sudah bisa mengambil hati konsumen saya yakin mengambil kepercayaan konsumen tidak sulit, dan yang ke tiga menawarkan produk dengan menjelaskan kelebihan yang terdapat pada produk itu. 

Wewenang, semua orang memiliki wewenag dalam kehidupan mereka masing-masing mengambil tindakan yang mereka pikir baik untuk mereka dan mempertanggung jawabkan apa yang mereka ambil. tetapi jika kita berada didalam suatu organisasi kita pasti memliki ketua untuk memberikan kita ultimatum (hahah) atau memberikan peritah kepada anak buahnya untuk melakukan apa yang dikira benar. Apa boleh anak buah menentang atau memberi masukan tentang perintah yang diberikan? menurut saya Sah-sah saja asalkan mereka memang mengetahui apa yang mereka tentang. Tetapi bagaimana jika ketua itu tidak mengindahkan pendapat anak buahnya itu? hmmm saya jawab minggu depan saja ya ;) ;) 

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2005. Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Balai Pustaka
Iskandar, Soekarso putong. 2015. Kepemimpinan. (gak ada siapa penerbitnya pak soalnya saya ambil dari ebook)
 https://books.google.co.id/books?id=g6hxBgAAQBAJ&pg=PA26&dq=pengertian+wewenang&hl=id&sa=X&ved=0CCsQ6AEwBGoVChMI9_agponbyAIVh46OCh1B0Apx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar