Definisi Komunikasi
Komunikasi berakar kata Latin, ”comunicare”, artinya "to make common" –
membuat kesamaan pengertian, kesamaan persepsi. Akar kata Latin lainnya
“communis” atau “communicatus” atau “common” dalam bahasa Inggris yang
berarti “sama”, kesamaan makna (commonness). Ada juga akar kata Latin
”communico” yang artinya membagi. Maksudnya membagi gagasan, ide, atau
pikiran.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1995) mengartikan
komunikasi sebagai ”pengiriman dan pemerimaan pesan atau berita antara
dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami”.
The
Oxford English Dictionary mengartikan komunikasi sebagai “The
imparting, conveying, or exchange of ideas, knowledge, information, etc.
“ (Pemberian, penyampaian, atau pertukaran ide, pengetahuan, informasi,
dsb.)
Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli:
1. Everett M. Rogers, Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
2. Rogers & D. Lawrence Kincaid, 1981, Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.
3. Shannon & Weaver, 1949, Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.
4. David K. Berlo, 1965 Ilmu pengantar komunikasi Komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam memciptakan keseimbangan dengan masyarakat.
5. Harorl D. Lasswell, 1960. Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?)
6. Steven, Komunikasi Juga dapat terjadi kapan saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya.
7. Raymond S. Ross, Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.
Dimensi-dimensi Komunikasi
Ada dua dimensi komunikasi. Pertama Komunikasi Punya Dimensi Isi dan yang kedua Dimensi Hubungan. Dimensi isi disandi secara verbal, sementara dimensi hubungan disandi secara nonverbal. Dimensi isi menunjukkan muatan (isi) komunikasi, yaitu apa yang dikatakan. Sedangkan dimensi hubungan menunjukkan bagaimana cara mengatakannya yang juga mengisyaratkan bagaimana hubungan para komunikasi itu, dan bagaimana seharusnya pesan itu ditafsirkan.
Dalam komunikasi massa, dimensi isi merujuk pada isi pesan, sedangkan dimensi hubungan merujuk kepada unsur-unsur lain, termasuk juga jenis saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut. Pengaruh suatu berita atau artikel dalam surat kabar, misalnya, hanya bukan bergantung pada isinya, namun juga pada siapa, penulisnya, tata letak (lay out)-nya, jenis huruf yang digunakan, warna tulisan, dan sebagainya.
Analisa:
komunikasi merupakan cara untuk menerima dan mengirim pesan kepada orang lain untuk berbagi informasi dan ide satu sama lain baik secara verbal (dimensi isi) maupun non verbal (dimensi hubungan)
Daftar pustaka:
pengantar Ilmu komunikasi, 1998, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.
Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Gunadarma
Zarkasi, Muslichah. 1978. Psikologi Manajemen. Jakarta: Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar