1 Asyifa Alafi Andari Arya 11513472
http://asyifaalafiaa.blogspot.com/2014/10/2PA04-TugasII-Kelompok5-AspekDemografis Individu PenggunaInternet.html
http://asyifaalafiaa.blogspot.com/2014/10/2PA04-TugasII-Kelompok5-AspekDemografis Individu PenggunaInternet.html
2. Elan Handayana 12513852
http://omkojek.blogspot.com/2014/10/2PA04-TugasII-Kelompok5-Aspek Demografis Individu PenggunaInternet.html
http://omkojek.blogspot.com/2014/10/2PA04-TugasII-Kelompok5-Aspek Demografis Individu PenggunaInternet.html
3. Hawa Anindita Budiarga 13513982
http://hawaaninditaa.blogspot.com/2014/10/2PA04-TUGASII-Kelompok5-Aspek Demografis IndividuPenggunaInternet.html
http://hawaaninditaa.blogspot.com/2014/10/2PA04-TUGASII-Kelompok5-Aspek Demografis IndividuPenggunaInternet.html
4. Maria Thahera 15513982
mariathahera11.blogspot.com/2014/10/2PA04-TugasII-Kelompok5-AspekDemografisIndividuPenggunaInternet_30.html
5. Octovia Puri Lestari 16513753
mariathahera11.blogspot.com/2014/10/2PA04-TugasII-Kelompok5-AspekDemografisIndividuPenggunaInternet_30.html
5. Octovia Puri Lestari 16513753
6. Nur Rasiana Puti 16513626
http://rasianaputri.blogspot.com/2014/10/2PA04-TUGASII-Kelompok5-AspekDemografisIndividu PenggunaInternet.html
http://rasianaputri.blogspot.com/2014/10/2PA04-TUGASII-Kelompok5-AspekDemografisIndividu PenggunaInternet.html
Aspek Demografis dari Individu Pengguna Internet
Pengaruh SES dalam Interaksi Manusia dan Internet
Dewasa ini kita telah masuk ke dalam era cyber, dimana otak manusia terus berkembang serta menyempurnakan teknologi. Jika dilihat dari sejarah internet dahulu hanya untuk kepentingan militer saja dan bukan untuk komersil. Namun, masuk ke era selanjutnya yaitu penggunaan internet di institusi pendidikan merubah pola fikir manusia yang secara keseluruhan masuk kedalam era komersial, seperti era yang sekarang.Internet telah merubah cara interaksi kita terhadap informasi, bisnis, ekonomi, sosial budaya, dan lain-lain. Internet telah menjadi sasaran utama pencarian seuatu, seperti engine search terbesar adalah google. Kita dapat mencari informasi tanpa adanya batasan waktu, tidak seperti media lainnya. Aspek demografi merupakan salah satu faktor yang mampu mempengaruhi perilaku konsumen untuk mengambil keputusan dalam pembelian, termasuk juga perilaku penggunaan internet.
Adapun penghasilan keluarga menurut Aisyen (2010) merupakan salah satu tema penting dalam mengelola keuangan keluarga, karena besarnya uang masuk akan mempengaruhi besarnya uang yang akan di keluarkan. Penghasilan adalah gaji tetap yang diterima setiap bulan. Penghasilan akan erat kaitannya dengan kemampuan orang untuk memenuhi kebutuhan gizi, perumahan yang sehat, pakaian dan kebutuhan lain yang berkaitan dengan pemeliharaan kesehatan
Data demografis adalah suatu deskripsi mengenai gambaran karakteristik penggunaan Internet yang meliputi tingkat usia, jenis kelamin, tingkatan pendidikan, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan pengguna. Dari karakter tersebut, saya akan memaparkan tentang faktor tingkat pendapatan pengguna atau status sosial ekonomi (SES) pengguna internet.
Tingkat pendapatan di Indonesia sangat berpengaruh terhadap pengaksesan internet karena mahalnya biaya akses (Suhardiman, 2002). Hal ini disebabkan oleh :
1. Kebutuhan akan penetrasi sambungan jaringan telepon masih rendah.
2. Distribusi sambungan akses internet tidak merata di seluruh wilayah Indonesia karena sistem distribusi jaringan akses internet masih terpusat pada kota besar saja.
3. Masih mahalnya sewa transponder satelit untuk melakukan akses internet sebagai tulang punggung back bond untuk mempercepat akses internet yang mempunyai respon sangat tinggi.
Pada usia 17-29 tahun adalah tahap yang paling banyak penggunaan internetnya. Pada usia tersebut tingkat on-line sebuah aplikasi di internet lebih banyak karena pada usia tersebut waktu luang untuk bersosialisasi sangat sedikit. Dikarenakan egosentrisme yang masih tinggi dan individualisme menuntut mereka untuk berinteraksi di sosial media ketimbang di dunia nyata.
Dilihat dari segi pendidikan, tingkat sarjana merupakan pengguna terbanyak, disusul SLTA dan masyarakat umum yang tidak terlalu mementingkan sebuah informasi. Jika dilihat dari pekerjaannya, maka karyawan lebih sering menggunakan internet, karena mobilitas mereka yang padat dan untuk mencari rekan bisnis dan juga mencari informasi untuk membantu pekerjaannya. Pelajar atau mahasiswa adalah pengguna terbanyak internet saat ini, karena sumber informasi yang banyak dan tanpa adanya batasan waktu ada di jaringan internet.
Referensi:
a.http://melanisitmel.wordpress.com/2013/11/17/psikologi-dan
teknologi-internet-3/
b.http://id.wikipedia.org/wiki/Demografi
c.http://id.wikipedia.org/wiki/Sosial_ekonomi
Referensi:
a.http://melanisitmel.wordpress.com/2013/11/17/psikologi-dan
teknologi-internet-3/
b.http://id.wikipedia.org/wiki/Demografi
c.http://id.wikipedia.org/wiki/Sosial_ekonomi
Keren lah
BalasHapusTerimakasih hadid
HapusMaterinya menarik jadi bisa nambah informasi nih hehe
BalasHapusTerimakasih nisaaaa
HapusBermanfaat sekali
BalasHapusTopiknya sangat menarik sekali
BalasHapusSangat bermanfaat topiknya
BalasHapustopik yang bagus dan menambah wawasan saya. terimakasih.
BalasHapuspembahasan yang sangat membantu untuk menambah informasi internet
BalasHapusjelasin penjelasan sama contohnya data demografis gimana?
BalasHapusPenjelasan Data demografis adalah suatu deskripsi mengenai gambaran karakteristik penggunaan Internet yang meliputi tingkat usia, jenis kelamin, tingkatan pendidikan, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan pengguna.
Hapusinformasi yg bagus
BalasHapus